Jumat, 19 Oktober 2012

PROGRAM PENGHITUNGAN SEDERHANA

Visual Basic yaitu bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat suatu program sederhana.
Untuk  tugas kali ini saya membuat aplikasi dengan nama "Friska ACC". Berikut ini tampilan awal / utama dari aplikasi ini



 Di dalam program ini, terdapat "Jenis Barang", menggunakan Combo box.
berikut tampilan Combo Box dan List kode untuk membuat Combo box. Pada pilihan combobox kita isikan item item yang akan kita masukkan untuk pilihan para pembeli,dan tidak lupa dengan harga dari item tersebut.
 Setelah listing kita ketikan seperti diatas , kemudian kita jalankan aplikasi dan coba kita pilih pada combo box maka akan bisa kita lihat tampilan pada saat salah satu item kita pilih berikut ini


 Setelah membuat listing dari item pilihan combo box dan harga dari item di dalam combo box kita akan lanjut pada pembuatan listing untuk proses transaksi
, disini saat kita menekan button transaksi dengan listing yang ada maka akan keluar total bayar pada msgbox,




 Berikut tampilan pada saat listing combo box,listing harga, dan transaksi sudah terisi dengan benar , dan aplikasi dijalankan,kemudian jenis barang kita pilih dan harga barang keluar, kemudian jumlah barang yang kita beli kita isi lalu button transaksi kita klik, maka akan keluar jumlah bayar seperti gambar dibawah ini.


Setelah proses transaksi berhasil saat semua box akan direset maka kita harus menekan button bersihkan , maka kita akan membuat listing , sepertidibawah, yang dimana button bersihkan saya beri nama button 4. Maka setelah kita tekan button bersihkan , semua combo box dan text box akan kembali kosong

 berlanjut ke button exit, pada listing untuk button ini saya beri nama button 2, seperti tampilan listing diatas, maka ketika aplikasi dijalankan dan tombol exit kita tekan ,akan keluar pesan "ANDA YAKIN ?" dan kita akan diberi 2 pilihan akan benar-benar keluar dari aplikasi ini atau tidak

 Seperti itulah program sederhana yang bisa saya buat,semoga dikemudian hari bisa saya kembangkan untuk mendirikan toko atau perusahaan besar kelak. Dan bisa memberikan lapangan pekerjaan untuk masyarakat disekitar saya kelak, terimakasih.

2 komentar:

yang button 1 aku coba kok gk bisa knpa y mbak?

Posting Komentar